—————————–*/

Wednesday, November 16, 2011

Tips Cara Memblokir Situs atau Website Yang Tidak Diinginkan

Sebenarnya ada banyak cara untuk memblokir situs-situs atau website yang tidak diinginkan, mulai dari yang sangat sederhana, misalnya lewat Internet Explorer (yang setelah saya coba, tidak berjalan sebagaimana mestinya/situsnya tetap tampil), tingkat kesulitannya sedang, yaitu memanfaatkan file "hosts" (seperti yang akan saya bahas kali ini) serta cara yang paling bagus (mungkin bukan sekarang ya, karena lagi-lagi saya harus mengatur waktu saya).

Cara yang akan dibahas kali ini cocok untuk memblokir situs yang jumlahnya sedikit. Baiklah, untuk menyingkat waktu, saya akan mencoba menerangkan langkah-langkahnya :
  • Buka Windows Explorer
  • Cari file yang bernama “hosts” (tanpa tanda kutip) dengan cara membuka C:\WINDOWS\system32\drivers\etc
  • Untuk berjaga-jaga, back-up lah dulu file “hosts” tadi menjadi “hosts.bak”, caranya, anda bisa meng-copy (jadi nanti hasilnya ada 2, hosts.bak dan hosts yg asli).
  • Cara membuka file hosts tadi, klik open di file tersebut, jika extensionnya tidak dikenali, gunakan notepad untuk membukanya.
  • Setelah terbuka, akan muncul tampilan seperti ini:
  • Alamat IP 127.0.0.1 adalah alamat default dari komputer kita. Kita memerlukan file ini untuk “mengalihkan” alamat-alamat situs nantinya agar dikenali sebagai alamat IP komputer kita, sehingga nanti kalau muncul akan bertuliskan error.
  • Masukkan alamat-alamat situs yang tidak anda inginkan dengan cara mengarahkannya ke alamat IP komputer kita. Awali dengan cara menampilkan IP kita dulu. Sebagai contoh :
        127.0.0.2 www.facebook.com
        127.0.0.3 www.youtube.com

        dan lain-lain




Syntax diatas adalah cara kita memblok alamat-alamat tertentu dari sebuah situs, misalnya facebook dan youtube. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang coba Anda buka situs facebook, maka situs facebook tersebut tidak dapat diakses. Jika masih tetap bisa diakses setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, cobalah untuk merestart PC Anda.

Oh ya, cara ini bisa digunakan di semua versi Windows. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.

Semoga Bermanfaat,

1 comment: